Electricity Lightning

Kamis, 25 November 2010

Misteri Monster Danau Raystown

Bagi para pembaca yang suka dengan monster danau, ini sebuah kisah monster danau yang mungkin belum pernah kalian dengar, yaitu monster danau Raystown di Huntingdon County, Pennsylvania. Monster ini sering disebut dengan nama Raystown Ray.


Secara singkat, kita bisa menyebut makhluk ini dengan sebutan "Ray" saja. Ini mungkin adalah nama monster danau yang paling keren di dunia.

Selain namanya yang keren, ada satu lagi yang unik dari monster ini, yaitu tempat tinggalnya.

Danau Raystown adalah danau yang memiliki panjang sekitar 30 mil dan memiliki luas sekitar 8.300 hektar. Dalamnya sekitar 56 meter. Tidak seperti danau monster lainnya, danau Raystown sebenarnya adalah sebuah waduk yang dibuat di sebuah danau dan selesai dibangun pada tahun 1912.



Jadi boleh dibilang danau ini adalah semi buatan manusia. Tentu saja kita jarang mendengar ada monster yang tinggal di sebuah waduk.


Walaupun tidak jelas tahun pastinya, banyak penduduk lokal mengatakan bahwa penampakan Ray sebenarnya telah terjadi sejak puluhan tahun yang lampau. Namun baru beberapa tahun belakangan Ray mendapat perhatian luas. Apalagi setelah situs raystownray.com mempublikasikan foto terbaru monster ini.



Foto ini diambil pada tanggal 29 Agustus 2009 oleh seorang pengunjung danau yang sedang memancing bersama anaknya. Pria yang mengambil foto itu mengaku melihat makhluk itu memiliki kepala seperti ular dan badan yang besar. Ia tidak memiliki sirip dan muncul sekitar 6-7 kali ke permukaan air. Menurutnya, yang aneh dari makhluk ini adalah matanya. Tidak seperti mata ular yang terletak di sisi kiri dan kanan kepala, makhluk ini memiliki dua mata yang berada persis di depan kepala. Ia memperkirakan makhluk ini memiliki panjang sekitar 6 meter.

Foto ini menambah panjang daftar laporan penampakan monster danau Raystown.

Selain penampakan terbaru di atas, penampakan lainnya yang termashyur adalah penampakan yang dialami oleh John Pendel.

Pada Juli 1994, Ia, istrinya dan beberapa teman sedang berperahu di danau Raystown. Setelah mengitari danau sekitar 20 menit, mereka memutuskan untuk menghentikan perahunya untuk bersantai dan minum kopi. Beberapa saat kemudian, mereka melihat ada sebuah goncangan di sisi kapal. Lalu mereka melihat satu makhluk dengan tubuh yang panjang, hitam dan licin. Mereka tidak bisa melihat seluruh tubuhnya dengan utuh karena makhluk itu segera menyelam kembali ke dalam air. Makhluk itu memiliki panjang sekitar 3 - 3,6 meter.

"Apakah engkau melihatnya?" Tanya Istri John. Semuanya terdiam, terkesima dengan apa yang baru saja disaksikannya. Ketika mereka mendarat dan menceritakan penampakan itu kepada teman-teman lainnya, tidak ada yang mempercayainya.

Hingga saat itu, Penampakan Ray kebanyakan hanya diceritakan lewat mulut ke mulut. Namun pada Februari 2006, monster ini mulai mendapat perhatian lebih luas ketika sebuah foto yang disebut menampakkan seekor makhluk berbentuk ular di danau Raystown beredar luas.



Foto di atas disebut diambil oleh seorang nelayan lokal pada Februari 2006. Ia mengaku sedang memandangi danau itu dari Huntingdon Co. Visitor's Bureau Center ketika ia melihat makhluk itu.

Baca komentar saya mengenai foto ini di catatan kaki.


Sebuah foto lama yang menunjukkan adanya bayangan gelap besar di bawah air


Ini juga foto lain yang menunjukkan adanya bayangan gelap di bawah permukaan air


Penampakan lainnya setelah tahun 2006 yang juga lumayan terkenal adalah yang terjadi pada tanggal 3 Agustus 2008.

Saat itu Mike Sieber dan teman perempuannya bersiap bermain jetski di danau Raystown. Belum lagi mereka menyalakan mesin jetski, Mike mendengar teman perempuannya berteriak : "Lihat, itu Raystown Ray !"

Mike menoleh dan melihat sebuah leher dan kepala muncul dari permukaan air dan bergerak menuju sebuah kapal lain. Makhluk itu terlihat selama 3 menit sebelum akhirnya menghilang ke dalam air. Mike mengaku melihat makhluk itu menciptakan riak sepanjang sekitar 4,5 - 6 meter.

Mengenai makhluk ini, Jeff Krause, seorang ahli Biologi, mengatakan :
"Saya percaya makhluk itu adalah vegetarian. Saya tidak melihat bukti adanya makhluk pemakan ikan, angsa atau bebek di danau itu. Jadi saya percaya bahwa para perenang dan wisatawan akan tetap aman. Sepertinya makhluk ini punya kebiasaan dan karakter yang mirip dengan ikan duyung yang sepenuhnya herbivora dan punya perilaku yang lembut. Meningkatnya jumlah tanaman air di sekitar danau mungkin telah menyediakan lebih banyak makanan baginya sehingga menyebabkan jumlah penampakan menjadi lebih sering."
Setiap tahun, sekitar 2 juta pengunjung datang ke danau ini untuk berperahu dan berwisata. Ini juga yang membuat banyak orang bertanya bagaimana Ray bisa menyembunyikan diri dari orang sebanyak ini.

Menurut penduduk lokal, mungkin karakteristik danau Raystown yang memiliki banyak teluk, pohon dan tanaman lain yang telah membantu makhluk ini tidak terlihat oleh para turis.

Namun, bagaimanapun juga, sebagian orang yang skeptis tetap beranggapan bahwa kisah monster danau ini hanyalah rekayasa para penduduk lokal untuk menarik semakin banyak turis datang ke danau ini.

Tentu saja, kita mungkin tidak akan pernah tahu, kecuali jika kita menangkap atau berhasil menemukan monster itu hidup-hidup.


Catatan tambahan :

Kasus monster danau memang termasuk misteri yang kontroversial. Walaupun saya sendiri beranggapan keberadaan monster danau bukanlah sesuatu yang bertentangan dengan akal sehat, namun ternyata banyak orang yang tidak mempercayainya dengan menganggapnya hanya sebagai sebuah hoax.

Untuk mengerti misteri ini, kita harus melihat dasar terbentuknya misteri ini. Misalnya, dalam kasus Nessie. Ketika Dr.Robert Kenneth Wilson akhirnya mengaku telah merekayasa foto Nessie (Surgeon Photo) yang paling terkenal di dunia yang telah berusia 58 tahun, banyak media memberitakannya dengan headline seperti : "Akhirnya misteri Nessie Terpecahkan" atau "Nessie ternyata sebuah Hoax !" Dan lain-lain.

Ini jelas adalah sebuah salah kaprah.

Misteri Nessie telah terbentuk sejak 15 abad yang lalu dan misteri ini jelas tidak divalidasi hanya oleh sebuah foto. Bagaimana kita bisa menjelaskan ratusan laporan penampakan yang terjadi selama rentang waktu 1500 tahun ?

Jadi, sebuah foto rekayasa sama sekali tidak meniadakan misteri Nessie. Dalam kasus yang sama, jika seseorang merekayasa foto hantu, maka itu tidak berarti makhluk yang namanya hantu itu tidak ada.

Sekarang mengenai Ray, monster dengan nama terkeren di dunia. Untuk foto pertama (yang diambil tanggal 29 Agustus 2009) yang jelas menunjukkan sebagian kecil badannya, saya tidak melihat sentuhan Photoshop di foto itu. Jika foto itu adalah hasil photoshop, maka perekayasanya pastilah sangat hebat. Tapi mengenai apakah foto itu diambil di danau Raystown atau bukan, itulah yang masih menjadi teka-teki.

Sedangkan mengenai foto kedua yang disebut diambil pada Februari 2006 (yang menampakkan badan dan kepala), saya melihat ada sentuhan Photoshop di foto itu. Walaupun saya percaya foto kedua ini adalah sebuah rekayasa, namun saya harus tetap menampilkannya karena jika kita berbicara soal Ray, kita juga harus menyinggung foto tersebut. Ini juga yang dilakukan oleh cryptomundo.com, sebuah situs cryptozoology yang kredibel.

Sekali lagi, bahkan walaupun palsu, foto itu tidak membantah misteri Raystown Ray karena laporan penampakan monster itu sendiri telah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Viva Cryptozoology !

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Wordpress Theme by wpthemescreator .